image

Leadership for Manager

Manager adalah merupakan aset utama dalam perusahaan untuk mencapai sasaran perusahaan. Manager adalah pemimpin unit kerja dalam perusahaan, untuk “make things happened”. Manager yang memiliki kompetensi  memadai, akan dapat membawa timnya mencapai produktifitas yang tinggi dan mencapai sasaran kerjanya dengan efektif. Sebaliknya, bila dalam perusahaan terdapat manager yang tidak kompeten atau yang memiliki mental yang lemah atau moral yang buruk, maka akan membawa produktifitas timnya turun dan merupakan kerugian bagi perusahaan.

Manager harus memiliki “Kompetensi yang tinggi, Mental yang kuat dan Moral yang baik”. Kompetensi dimaksud terdiri dari kompetensi Hard-Skill (Technical Skill) dan Soft Skill (People Skill). Kompetensi Hard Skill terdiri dari skill: technical functional, business dan manajerial. Sedangkan kompetensi Soft skill mencakup kompetensi Intra –Personal dan Inter-Personal, yang merupakan fondasi dari Leadership. Manager harus memiliki kompetensi yang merata pada kompetensi Technical (work) yang diperlukan dalam bidang kerjanya dan kompetensi terhadap “people”.  Manager juga harus memiliki skill yang cukup untuk mampu meningkatkan Mental dan Moral kerja staf nya.

Salah satu kompetensi yang perlu dimiliki oleh para Leader di suatu organisasi adalah kemampuan untuk mengelola hubungannya dengan para stakeholders, pihak-pihak yang terkait dengan dirinya.  Ini bisa berarti Atasan, Kolega ataupun Bawahannya.

Mengelola hubungan (relationship) pada prinsipnya mengandung 2 hal: kemampuan mengembangkan kepercayaan dan kemampuan mengembangkan pengaruh sehingga sang Pemimpin dapat mengelola stake holdernya sehingga bisa memadukan berbagai kepentingan yang ada untuk mendapatkan hasil yang optimal buat organisasi dan pihak-pihak tersebut.

Oleh : Hendy Rustam Managing Partner KPI Consulting.

leave your comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *

Uploading
Color SWITCHER