image

Mengelola Talent secara Efektif

Oleh : Hendy Rustam, Consulting, Praktisi and Managing Partner Myjob.co.id

Banyak perusahaan mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan strategi perusahaan untuk menarik,mempertahankan dan mengembangkan orang terbaik yang ada di perusahaannya. Hal krusial tersebut disebabkan banyak perusahaan belum menerapkan program  untuk memetakan potensi-potensi yang dimiliki oleh karyawannya. Akibatnya pengembangan talenta yang dimiliki organisasi belum terarah sehingga tidak berjalan secara optimal.Malahan, mereka yang “merasa” punya talenta pergi, dan pindah ke perusahaan lain karena merasa kurang dikembangkan.

Manager perlu tahu siapa saja karyawan yang dapat digolongkan sebagai star, potential people, career person, problem person dan dead wood. Bila anda mampu memetakan potensi-potensi di perusahaan anda, niscaya program pengembangan karyawan yang anda lakukan akan berjalan secara efektif dan tepat sesuai sasaran.

Seorang Manager Mengelola hubungan (relationship) pada prinsipnya mengandung 2 hal: kemampuan mengembangkan kepercayaan dan kemampuan mengembangkan pengaruh sehingga sang Manager dapat mengelola pemangku kepentingan sehingga bisa memadukan berbagai kepentingan yang ada untuk mendapatkan hasil yang optimal buat organisasi dan pihak-pihak tersebut.

Untuk itu perlu dibuat Manajemen kinerja guna menciptakan hubungan dan memastikan komunikasi berlangsung efektif dari semua lini dalam meningkatkan produktivitas organisasi.

Manajemen kinerja adalah salah satu aspek kunci dari manajemen sumber daya manusia yang harus dilakukan oleh para pemimpin bisnis, profesional SDM, dan manajer. Sebagai suatu proses, manajemen kinerja mengintegrasikan aspek-aspek yang berkaitan dengan strategi, perencanaan, pengelolaan, hukum, dan sumber daya manusia. Manajemen kinerja bertujuan untuk mengukur dan memastikan setiap orang atau setiap bagian dalam organisasi, melaksanakan tugas dan pekerjaan yg sudah dicanangkan, dengan efektif dan selaras dengan tujuan Perusahaan.

Kunci dari sistem manajemen kinerja yang sukses adalah untuk mengidentifikasi hard dan soft elemen serta menggabungkan praktik terbaik. Keyakinan utama memiliki program manajemen kinerja yang kuat adalah bahwa hal itu dapat membantu bisnis menjadi lebih sukses dan membantu karyawan bekerja dan berkembang. Ini juga membantu menciptakan organisasi yang berkelanjutan dan membangun branding perusahaan yang kuat.

leave your comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *

Uploading
Color SWITCHER