image

Meningkatkan Performa Tim

Untuk bisa membuat tim dan organisasi anda mencapai target, bukan hanya sekedar menentukan apa yang paling dibutuhkan, tapi anda, sebagai manajer atau pemimpin tim juga harus mendefinisikan target tersebut dengan jelas dan spesifik. Karena anda tidak bisa berasumsi bahwa semua orang yang terlibat di dalam tim anda akan paham bagaimana mengambil tindakan dari konsep yang sudah dibuat.

Tantangan kunci kepemimpinan adalah tentang bagaimana para pemimpin memobilisasi orang lain untuk ingin mendapatkan sesuatu yang luar biasa dilakukan. Pemimpin besar mengubah nilai-nilai ke dalam tindakan, visi menjadi realitas, rintangan menjadi inovasi, keterpisahan menjadi solidaritas, dan resiko menja di penghargaan. Mereka menciptakan iklim di mana orang beralih peluang menantang menjadi keberhasilan yang luar biasa.

Manager adalah merupakan aset utama dalam perusahaan untuk mencapai sasaran perusahaan. Manager adalah pemimpin unit kerja dalam perusahaan, untuk “make things happened”. Manager yang memiliki kompetensi  memadai, akan dapat membawa timnya mencapai produktifitas yang tinggi dan mencapai sasaran kerjanya dengan efektif. Sebaliknya, bila dalam perusahaan terdapat manager yang tidak kompeten atau yang memiliki mental yang lemah atau moral yang buruk, maka akan membawa produktifitas timnya turun dan merupakan kerugian bagi perusahaan.

Manager harus memiliki “Kompetensi yang tinggi, Mental yang kuat dan Moral yang baik”. Kompetensi dimaksud terdiri dari kompetensi Hard-Skill (Technical Skill) dan Soft Skill (People Skill). Kompetensi Hard Skill terdiri dari skill: technical functional, business dan manajerial. Sedangkan kompetensi Soft skill mencakup kompetensi Intra –Personal dan Inter-Personal, yang merupakan fondasi dari Leadership. Manager harus memiliki kompetensi yang merata pada kompetensi Technical (work) yang diperlukan dalam bidang kerjanya dan kompetensi terhadap “people”.  Manager juga harus memiliki skill yang cukup untuk mampu meningkatkan Mental dan Moral kerja staf nya.

Seorang pemimpin tim harus mampu meningkatkan semua kemampuan anggotanya tanpa membuat mereka saling berselisih. Setelah semua mulai sejalan dengan keinginan perusahaan, pimpinan harus bisa meningkatkan kinerja tim itu menjadi lebih baik.

Dengan kerjasama tim/team yang buruk akan sangat menghambat bisnis Anda bahkan bisa membuat usaha yang sudah Anda bangun mati-matian bisa mati betulan. Oleh Karena itu Anda harus benar-benar fokus untuk membangun tim atau bahasa kerennya team building.

(Hendy Rustam, SH, MM, CIRP)

leave your comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *

Uploading
Color SWITCHER